9 Jan 2017
Manfaat Charcoal untuk Kesehatan dan Kecantikan
SHARE

 

Charcoal atau arang aktif kini sedang populer diperbincangkan karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit. Bubuk arang yang lebih sering disebut activated charcoal ini kerap dijadikan bahan dasar untuk alat-alat kecantikan. Banyak yang menjadikan Si Hitam ini sebagai bahan untuk facial, masker wajah, hingga minuman.

 

 

Charcoal tidak berbau, tidak memiliki rasa, dan tidak punya efek samping. Ia terbuat dari kayu, bambu, kulit gandum, dan batok kelapa yang dihaluskan, dipanaskan, dan dioksidasi. Sebenarnya, apa saja sih manfaat arang aktif ini sehingga begitu tenar di dunia kesehatan dan kecantikan?

 

 

 

Penawar Racun

Pada dasarnya, activated charcoal mengandung karbon aktif. Di alam bebas, karbon aktif ini berfungsi untuk menyerap polutan dari lingkungan sekitar. Cara kerja yang sama juga berlaku di tubuh kita. Oksigen yang ada pada charcoal akan membantu menawarkan racun pada orang yang keracunan makanan. Biasanya, charcoal dibuat dalam bentuk tablet untuk mengatasi keracunan makanan agar bisa diminum langsung atau dilarutkan dalam air.

 

 

Membantu Detoksifikasi Tubuh

Charcoal akan menarik dan mengikat racun atau toksin dalam tubuh seperti magnet. Si Hitam ini dapat menghilangkan racun-racun yang tidak diperlukan dalam tubuh, yang berasal dari makanan serta polusi lingkungan. Racun yang tidak diperlukan, dapat membuat sel tubuh rusak, alergi, imun yang tak seimbang, dan penuaan dini. Karena itu, charcoal akan membantu melakukan detoksifikasi pada tubuh agar racun tidak lagi menempel pada diri Anda. Tak hanya itu, arang aktif juga dapat memindahkan bakteri-bakteri yang tak diinginkan sebelum menyebar dan berkembang biak dalam tubuh.

 

 

Anti-aging

Activated Charcoal juga dapat membantu memperlambat proses penuaan, lho. Penelitian dari ahli gerontologi yang memelajari aspek sosial, psikologi, dan biologi dari proses penuaan, menemukan bahwa charcoal dapat menghamat penuaan sebanyak 34%. Ia dapat mencegah perubahan sel-sel yang terkait dengan penuaan, adrenalin, dan fungsi ginjal.

 

 

Mencerahkan Kulit


Karena bisa mengangkat sel-sel dan bakteri, charcoal bisa digunakan untuk membersihkan kulit secara menyeluruh. Jika Anda bermasalah dengan kulit, Anda bisa menggunakan produk-produk kecantikan yang mengandung charcoal.

 

 

Mengatasi Jerawat

Charcoal mengandung senyawa aktif anti-inflamasi yang dapat bekerja untuk mengatasi jerawat. Penggunaan masker dari bubuk charcoal secara rutin dapat membantu menghilangkan jerawat, lho!

 

 

Menjaga Kesehatan Jantung

Tak hanya dapat mengatasi masalah kulit, charcoal juga bisa menurunkan kadar lemak dan kolesterol di dalam darah, jantung, hati, dan otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi lalu mengonsumsi charcoal tiga kali sehari, ternyata mendapatkan 25% pengurangan kolesterol dan mencegah pengerasan jantung serta pembuluh darah koroner.

 

 

Activated charcoal tidak memiliki batas konsumsi dan tidak memiliki efek samping. Karena tak diserap oleh tubuh, biasanya warna feses akan menghitam. Supaya mudah mengonsumsinya, kebanyakan orang mencampur charcoal dengan bahan-bahan lain, terutama bila akan dijadikan makanan atau minuman.

 

 

Karena itu, Urban Remedy Indonesia juga membuat juice yang mengandung charcoal agar Anda bisa merasakan manfaat dari Si Hitam ini. Ada Coco Charcoal yang berisi kelapa Thailand, air kelapa, daging kelapa, dan activated charcoal. Selain itu, ada pula Black Magic yang mengandung, lemon, madu, rosemary, dan activated charcoal. Kegunaan dari dua juice tersebut adalah memberikan cairan pada tubuh, memulihkan tubuh dari hangover, dan membersihkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Agar kegunaan dari charcoal ini lebih maksimal, sebaiknya Anda mengombinasikannya dengan buah dan sayur-sayuran lainnya. Urban Remedy Indonesia punya paduan yang tepat lewat program juice detox, lho. Yuk, coba! Klik disini untuk lebih lengkapnya, ya.

Healthier life, starts here!