11 Jan 2017
Makan Banyak Saat Liburan? Ini Tips Agar Kamu Tidak Menyesal Lagi!
SHARE

 

Liburan selalu identik dengan makanan. Tanpa mencoba kuliner yang ada di tempat liburan, pasti terasa ada yang kurang. Tapi, siapa yang libur natal dan tahun baru kemarin banyak mencoba makanan dan minuman enak, kemudian sekarang menyesal karena merasa terlalu banyak makan? Holiday binge eating memang sering menimbulkan penyesalan bagi kita setelah pulang liburan dan kembali ke aktivitas sehari-hari.

 

Sekarang, tak ada waktu untuk menyesal! Segeralah lakukan planning agar tubuh Anda kembali segar dan sehat setelah makan banyak (dan tak terkontrol, tentunya) saat liburan. Yuk, ikuti tipsnya!

 

Kurangi yang Manis-Manis

Saat liburan, mungkin kamu dengan santainya makan atau minum yang manis-manis seperti kue, sirup, soda, dan lain-lain. Tahukah kamu, penelitian menunjukkan bahwa makanan atau minuman manis dapat “membajak” otak dan tubuh kamu, dan efek buruknya hampir sama dengan drugs dan alkohol, lho! Karena itu, mulailah kembalikan siklus tubuh kamu dengan menghindari makanan atau minuman manis. Coba tahan diri kamu untuk tidak berlebihan mengonsumsi yang manis-manis, atau tidak mengonsumsinya sama sekali selama 3-7 hari. Kalau kamu bisa menahan hingga 10 hari, lebih bagus! Sebagai gantinya, kamu bisa jadikan buah sebagai camilan. Nggak sulit, kan?

Kembalikan Perutmu!

Saat liburan, kata-kata “Ini hari libur, dietnya besok saja!” pasti sering kamu lontarkan dalam hati. Sekarang musim libur sudah lewat, kamu sudah tidak liburan lagi. Waktunya untuk mengembalikan perutmu ke bentuk semula! Mulai sekarang, saat kamu craving atau ingin makan banyak, bilang pada dirimu bahwa “Ini saja cukup, aku nggak boleh makan lebih banyak dari ini,”. Cobalah untuk mengurangi porsi makan sehari-hari kamu, dan tambahkan lebih banyak sayur dan buah untuk kamu konsumsi. Olahraga seperti sit up atau running juga bagus dilakukan. Mau tips lainnya? Baca disini, ya!

 

Lakukan Detox untuk Usir Racun

Tanpa sadar saat liburan, kamu sudah memasukkan toxin alias racun-racun dalam tubuh akibat pola makan yang “asal-asalan”. Kini waktunya untuk “tendang” racun tersebut keluar! Cara yang paling pas untuk mengeluarkan racun dalam tubuh adalah dengan detox. Urban Remedy Indonesia punya juice detox yang pasti cocok banget untuk kamu. Saat juice detox, kamu tidak boleh makan solid food. Jangan lupa untuk minum air mineral kurang lebih 2 liter setiap hari, ya? Kalau ingin tahu lebih banyak tentang juice detox, kamu bisa lihat disini. 

 

 

Time Out!

Sediakanlah sedikitnya 15 menit dalam sehari khusus untuk dirimu sendiri. Misalnya 15 menit untuk jalan-jalan kecil setelah makan pagi, siang, atau malam. Atau, sediakan waktu 15 menit untuk memijat tubuhmu yang pegal saat kerja di kantor. Pijat lembut leher, bahu, atau lenganmu hingga merasa rileks. Kamu juga bisa mendengarkan musik-musik yang menenangkan, bernapas dalam-dalam, dan lakukan meditasi singkat. Time out ini penting karena selama liburan, banyak agenda yang harus kamu penuhi, kamu pun harus pergi ke sana-sini mengikuti itinerary. Sekarang, waktunya kamu refresh otak dan juga tubuh. 15 menit saja, tidak lama kok!

 

Olahraga = Wajib

Last but not least, olahraga adalah hal yang harus kamu lakukan agar nggak menyesal setelah makan yang berlebihan saat liburan. Sediakanlah waktu sekitar 30 menti setiap hari untuk melakukan olahraga, agar kebugaran tubuhmu tetap terjaga. Hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah jam tidur. Tidurlah 7-8 jam sehari agar tubuh semakin sehat dan pulih dari holiday binge eating. Dengan mengikuti tips di atas, dijamin kamu nggak akan menyesal deh!