13 Jul 2017
ASI Anda Tidak Lancar? Ini Solusinya!
SHARE

Makanan terbaik bagi bayi Anda selama enam bulan pertama kelahirannya adalah ASI. Dalam ASI, terkandung nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan juga antibodi alami bagi Si Kecil. Tapi sayangnya, tidak semua perempuan punya ASI yang banyak. Ada juga mereka yang mengalami kesulitan saat menyusui bayinya. Nah, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti agar proses menyusui bisa berjalan dengan lancar. Ini dia caranya:

 

Perhatikan Teknik Menyusui 

Dengan teknik yang benar, Anda bisa memaksimalkan produksi ASI. Tak perlu menekan puting susu saat menyusui, usahakan agar sebagian besar kalang payudara masuk ke mulut bayi, sehingga puting Anda beradi bawah langit-langit dan lidah Si Kecil akan menekan ASI keluar. Setelah menyusui, biasanya payudara akan kembali penuh setelah 2 jam. Jadi, jangan memaksakan mengeluarkan ASI jika belum waktunya. Tak hanya itu, Anda juga harus bergantian memakai payudara kiri dan kanan saat menyusui.

 

Lakukan Pijat Punggung

Ternyata, pemijatan pada punggung juga bisa merangsang pengeluaran hormon oksitosin lho! Jika hormon oksitosin meningkat, pengeluaran ASI Anda juga akan menjadi lancar. Mintalah suami Anda untuk melakukan pemijatan dengan ibu jari pada punggung Anda setiap malam, agar hormon oksitosin meningkat dan otot Anda juga rileks setelah seharian menyusui Si Kecil.

 

Power Pumping

Power pumping adalah teknik memompa ASI dengan meniru cara menyusu bayi saat mengalami growth spurt atau percepatan pertumbuhan. Pada saat itu, Si Kecil akan menyusu lebih sering dari biasanya, dan ini ampuh untuk meningkatkan produksi ASI. Waktu yang efektif untuk power pumping ini adalah sekitar pukul 00.00-05.00. Cara melakukannya adalah dengan 20 menit memompa payudara kanan, 10 menit istirahat, 10 menit memompa payudara kiri, 10 menit istirahat, dan selanjutnya hingga satu jam.

 

Hindari Pemakaian Dot

Jangan berikan Si Kecil dot atau empeng. Karena jika terbiasa, ia akan menolak saat diberikan ASI. Jika Anda berkomitmen untuk memberinya ASI eksklusif, sebaiknya jangan sesekali mencoba berikan dot pada bayi.

 

Konsumsi Makanan yang Bergizi

Apa yang Anda makan, juga memengaruhi produksi ASI. Konsumsilah makanan yang bergizi agar ASI Anda lancar dan sehat. Sayur-sayuran hijau seperti daun katuk, bayam, kacang panjang, daun pepaya, dan pare dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI. Jangan lupa juga makan buah, karena mengandung banyak vitamin yang baik untuk bayi.

 

Urban Remedy Indonesia juga punya Breastfeeding Supplement Package yang bisa membantu para Moms untuk memperlancar produksi ASI. Bright Eyes, Almond Milk, Skin Vitamin, Coco Water, Beet Shot, dan Lemon Shot yang ada dalam paket ini memiliki kandungan sayur dan buah yang baik untuk kesehatan Anda. Rasanya? Tentu nikmat!

 

Untuk memesan paket ini, Anda bisa klik di sini atau WhatsApp ke 081294643113.